Jumat, 05 Maret 2010

DAFTAR ISI

DAFTAR ISI i
TUJUAN PROGRAM KEAHLIAN 1
STANDAR KOMPETENSI KEAHLIAN 2
PROFIL KOMPETENSI LULUSAN 5
1. Kompetensi Umum 5

2. Kompetensi Kejuruan 6
RUANG LINGKUP PEKERJAAN 8
SUBSTANSI PEMELAJARAN 9
1. Substansi Instruksional 9

2. Substansi Noninstruksional 10
DIAGRAM PENCAPAIAN KOMPETENSI 11
STRUKTUR KURIKULUM 13
DESKRIPSI PEMBELAJARAN


TUJUAN PROGRAM KEAHLIAN

Tujuan Program Keahlian Analisis Kimia secara umum mengacu pada isi Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Secara khusus tujuan Program Keahlian Analisis Kimia adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:

a. Mengelola laboratorium;
b. Membuat larutan;
c. Melakukan sampling laboratorium;
d. Melakukan analisis bahan ;
e. Melakukan verifikasi dan validasi;
f. Mengelola usaha di bidang analisis kimia.


STANDAR KOMPETENSI KEAHLIAN

Standar kompetensi yang digunakan sebagai acuan pengembangan kurikulum ini adalah Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) pada Bidang Kimia Analisisa.

Standar kompetensi dan level kualifikasi keahlian Analisis Kimia dapat digambarkan pada Tabel 1.

Tabel 1. Standar Kompetensi dan Level Kualifikasi Keahlian Analisis Kimia.


Kode Kompetensi Sertifikat Kompetensi Level Kualifikasi Jenjang Pendidikan
KA.KOM.D.001.A Melaksanakan Komunikasi personal C3
Pelaksana Muda SMK
KA.KUA.D.002.A Melaksanakan kegiatan di Laboratorium dengan benar (GLP)
KA.LAB.D.003.A Membersihkan dan menyiapkan laboratorium untuk analisis rutin
KA.LAB.D.004.A Menyimpan pereaksi yang masih bisa digunakan dan membuang pereaksi yang kadaluarsa
KA.LAB.D.005.A Membersihkan dan merawat peralatan gelas, keramik dan alat penunjang kerja lainnya
KA.LAB.D.006.A Melaksanakan pengambilan dan penanganan sampel
KA.LAB.D.007.A Membuat dan menstandarisasi larutan/pereaksi
KA.LAB.D.008.A Bekerja berdasarkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
KA.ANA.P.009.A Melaksanakan analisis non instrumental C2 Pelaksana Madya SMK
KA.ANA.U.010.A Melaksanakan analisis gravimetri
KA.ANA.U.011.A Melaksanakan analisis spektrofotometri UV/Visible
KA.ANA.U.012.A Melaksanakan analisis kolorimetri
KA.ANA.U.013.A Melaksanakan analisis volumetri
KA.ANA.P.014.A Melaksanakan analisis mikrobiologi
KA.ANA.U.015.A Melaksanakan analisis elektrokimia
KA.LAB.P.016.A Menyimpan bahan kimia dan membuang bahan kimia yang kadaluarsa
KA.ANA.P.017.A Melaksanakan analisis organoleptik C1 Pelaksana Utama SMK
KA.ANA.U.018.A Melaksanakan analisis kromatografi kolom
KA.ANA.U.019.A Melaksanakan analisis kromatografi tipis dan kertas
KA.ANA.U.020.A Melaksanakan analisis jenis (klaisk)
KA.ANA.U.021.A Melaksanakan analisis proksimat
KA.ANA.U.022.A Melaksanakan analisis fotometri nyala dan emisi atomik
KA.KOM.D.023.A Menggunakan prosedur analisis
KA.TEK.P.024.A Membuat dan/atau menyiapkan peralatan gelas sederhana penunjang analisis kimia

Setiap kompetensi didukung oleh kompetensi kunci yang terdiri dari 3 level seperti tertera pada Tabel 2.


Tabel 2. Level Kompetensi Kunci


No KOMPETENSI KUNCI LEVEL 1 LEVEL 2 LEVEL 3
A MENGUMPULKAN, MENGANALISA DAN MENGELOLA INFORMASI:
Kapasitas untuk mengumpulkan informasi, memindahkan dan menyeleksi informasi dalam rangka memilih informasi yang diperlukan untuk dipresentasikan, mengevaluasi sumber dan cara memperoleh informasi tersebut Mengakses dan menyimpan dari satu sumber Mengakses, memilih dan menyimpan dari beberapa sumber Mengakses, mengevaluasi dan mengatur dari berbagai macam sumber
B MENGKOMUNIKASIKAN IDE-IDE DAN INFORMASI:
Kapasitas untuk berkomunikasi dengan orang lain secara efektif menggunakan beragam bahasa, tulisan, grafik dan expresi non verbal lainnya Sederhana dengan aturan yang telah dikenal Komplek dengan isi tertentu Komplek dengan isi beragam
C MERENCANAKAN DAN MENGORGANISIR KEGIATAN:
Kapasitas untuk merencanakan dan mengatur kegiatan kerja individu termasuk penggunaan waktu dan sumber yang baik, pemilihan prioritas dan pengawasan prestasi individu Di bawah pengawasan Dengan bimbingan Inisiatif sendiri dan mengevaluasi kegiatan yang komplek
D BEKERJA DENGAN ORANG LAIN SERTA KELOMPOK DALAM SATU TIM:
Kapasitas untuk berhubungan secara efektif dengan orang lain baik antar pribadi ataupun kelompok termasuk mengerti dan memberikan respon akan keinginan klien dan bekerja secara efektif sebagai anggota kelompok untuk mencapai tujuan bersama Aktifitas yang telah diketahui Membantu merancang dan mencapai tujuan Kolaborasi dalam kegiatan komplek
E MENGGUNAKAN IDE-IDE SERTA TEKNIK MATEMATIKA:
Kapasitas untuk menggunakan konsep bilangan, spasi dan ukuran dan teknik seperti perkiraan untuk praktek Tugas yang sederhana Memilih tugas yang komplek dan sesuai Evaluasi dan mengadaptasi sebagai tugas yang sesuai
F MENYELESAIKAN MASALAH:
Kapasitas untuk menjalankan strategi penyelesaian masalah baik untuk situasi dimana masalah dan solusi yang diinginkan memiliki bukti dan dalam situasi yang memerlukan pemikiran kritis dan pendekatan kreatif untuk mencapai hasil Rutin, sedikit pengawasan
Eksplorasi – pengawasan melekat Rutin, mandiri

Eksplorasi – dengan bimbingan Masalah yang komplek, pelaksanaan pendekatan sistematis, menjelaskan proses
G MENGGUNAKAN TEKNOLOGI:
Kapasitas untuk menerapkan teknologi, mengkombinasikan keahlian fisik and sensor yang diperlukan untuk menjalankan peralatan dengan pengertian ilmiah dan prinsip teknologi yang diperlukan untuk mengadaptasi sistem Produksi ulang atau melaksanakan produk dasar atau jasa Menyusun, mengatur atau meng-operasikan produk atau jasa Mendesain atau merangkai produk atau jasa



PROFIL KOMPETENSI LULUSAN

Profil kompetensi lulusan SMK terdiri dari kompetensi umum dan kompetensi kejuruan, yang masing-masing telah memuat kompetensi kunci. Kompetensi umum mengacu pada tujuan pendidikan nasional dan kecakapan hidup generik, sedangkan kompetensi kejuruan mengacu pada SKKNI.

1. Kompetensi Umum

a. Tuntutan UUSPN Ps 3

1 Beriman dan bertaqwa
2 Berakhlak mulia
3 Sehat
4 Cakap
5 Kreatif
6 Mandiri
7 Demokratis
8. tanggung jawab

b. Tuntutan dunia kerja

1 Disiplin
2 Jujur








2. Kompetensi Kejuruan

Level Kualifikasi Kompetensi Sub Kompetensi
Pelaksana Muda Melaksanakan komu-nikasi interpersonal  Menerima dan melanjutkan informasi
 Menyediakan informasi untuk orang lain
 Membuat laporan hasil kerja
Melaksanakan kegiatan di laboratorium dengan benar (GLP)  Melaksanakan pemantauan kondisi lingkungan laboratorium
 Melaksanakan pengecekan sampel uji, alat yang akan dikalibrasi dan bahan pendukung
 Melaksanakan pengecekan peralatan
 Melaksanakan pekerjaan di laboratorium
 Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sesuai persyaratan kerja
 Melaporkan ketidaksesuaian kepada atasan
Membersihkan dan me-nyiapkan laboratorium untuk analisis rutin  Membersihkan wilayah kerja
 Membersihkan laboratorium dari tumpahan pereaksi
 Membersihkan ruang timbang dan lingkungan instrumen analitik
 Mengkondisikan lingkungan tempat kerja
Menyimpan pereaksi yang masih bisa digu-nakan dan membuang pereaksi yang kadaluarsa  Mengidentifikasi pereaksi
 Mengelompokkan pereaksi berdasarkan jenis dan sifatnya
 Menyimpan pereaksi
 Membuang pereaksi yang kadaluarsa
Membersihkan dan merawat peralatan gelas, keramik dan alat penunjang kerja lainnya  Menyiapkan peralatan dan bahan pemebrsih
 Membersihkan peralatan
 Merawat peralatan
Melaksanakan pengambilan dan penanganan sampel  Menyiapkan pengambilan sampel
 Menangani sampel di laboratorium
 Mengenal dan memilih metode analisis
 Melaksanakan kuartering
 Menyiapkan sampel untuk analisis
Membuat dan menstandarisasi larutan/pereaksi  Memilih dan mengidentifikasi pereaksi
 Menyiapkan larutan
 Menstandarisasi larutan
 Menghitung dan melaporkan hasil standarisasi
Bekerja berdasarkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)  Membersihkan area kerja
 Mengikuti prosedur keselamatan kerja
 Melaksanakan penangannan limbah sesuai prosedur
Pelaksana Madya Melaksanakan analisis Fisika Non Instrumental  Menyiapkan peralatan
 Menyiapkan sampel
 Melakukan pengujian
 Menghitung dan melaporkan hasil uji
Melaksanakan analisis Gravimetri  Mempersiapkan analisis
 Melaksanakan analisis gravimetri
 Mencatat dan melaporkan hasil analisis
Melaksana-kan analisis spektrofotometri UV/Visible  Persiapan sampel dan standar
 Melakukan prosedur analitik
 Melaporkan hasil pengujian
Melaksanakan analisis kolorimetri  Mempersiapkan sampel dan standar
 Melakukan prosedur analitik
 Melaporkan hasil pengujian
Melaksanakan analisis volumetri  Mempersiapkan larutan analisis
 Melakukan prosedur analisis
 Melaporkan hasil pengujian
Melaksanakan analisis mikrobiologi  Melakukan sterilisasi ruangan laboratorium uji mikrobiologi
 Membuat media
 Menyiapkan kultur murni
 Monitoring kesterilan ruangan dan peralatan
Melaksanakan analisis elektrokimia  Persiapan sampel dan standar
 Melakukan prosedur analitik
 Melaporkan hasil pengujian
Menyimpan bahan kimia dan membuang bahan kimia yang kadaluarsa  Memeriksa persediaan bahan kimia
 Menyimpan bahan kimia yang belum kadaluarsa
 Mengolah bahan kimia yang masih bisa digunakan
 Membuang bahan kimia yang kadaluarsa
Pelaksana Utama Melaksanakan analisis organoleptik  Menyiapkan panelis untuk analisis sensori
 Menyiapkan ruang, peralatan dan sampel untuk analisis sensori
 Mengumpulkan dan melaporkan hasil
Melaksanakan analisis kromatografi kolom  Menyiapkan sample dan standar
 Menyiapkan peralatan
 Melaksanakan pemisahan kromatografik
 Melaksanakan pengukuran analitik
 Melaksanakan perhitungan dan pelaporan hasil analisis
Melaksanakan analisis kromatografi lapisan tipis dan kromatografi kertas  Menyiapkan sampel
 Melakukan prosedur analitik
 Melaporkan hasil pengujian
Melaksanakan analisis jenis (Klasik)  Mempersiapkan analisis
 Melaksanakan uji pipa tiup
 Melaksanakan analisis mutiara
 Uji lempeng tetes
 Uji nyala atau fotometrik
 Menyimpulkan hasil pengamatan
Melaksanakan analisis proksimat  Mempersiapkan analisis
 Melakukan analisis gravimetri
Melaporkan hasil analisis
Melaksanakan analisis fotometri nyala dan emisi atomik  Mempersiapkan sampel dan standar
 Melakukan prosedur analitik
 Melaporkan hasil pengujian
Menggunakan prosedur analisis  Memilih prosedur analisis
 Menyiapkan analisis
 Menjalankan prosedur kerja
 Melaksanakan perhitungan hasil pengukuran
Membuat dan/atau menyiapkan peralatan gelas sederhana pe-nunjang analisis kimia  Menyiapkan peralatan dan bahan
 Membuat dan/atau memperbaiki peralatan
 Melaporkan hasil


RUANG LINGKUP PEKERJAAN

Ruang lingkup pekerjaan bagi lulusan Program Keahlian Analisis Kimia adalah jenis pekerjaan dan atau profesi yang relevan dengan kompetensi yang tertuang di dalam tabel SKKNI keahlian Analisis Kimia pada jenjang SMK antara lain adalah:


No Dunia Usaha / Industri Lingkup Pekerjaan
1 Laboratorium pendidikan sekolah  Membuat larutan
 Mengelola laboratorium
2 Laboratorium pendidikan tinggi  Membuat larutan
 Mengelola laboratorium
 Melakukan analisis bahan
 Melakukan sampling laboratorium
3 Lembaga/instansi penelitian  Membuat larutan
 Mengelola laboratorium
 Melakukan analisis bahan
 Melakukan sampling laboratorium
 Melakukan verifikasi
4 Industri yang relevan antara lain:
Farmasi, petrokimia, semen, tekstil, pertambangan, makanan dan minuman, kertas, logam, polimer, pupuk  Membuat larutan
 Mengelola laboratorium
 Melakukan analisis bahan
 Melakukan sampling laboratorium
 Melakukan verifikasi dan validasi
5 Usaha mandiri  Membuat larutan
 Mengelola laboratorium
 Melakukan analisis bahan
 Melakukan sampling laboratorium
 Melakukan verifikasi dan validasi
 Mengelola usaha di bidang analisisi kimia

Dengan memanfaatkan kemampuan, pengalaman dan berbagai peluang yang ada, lulusan program keahlian Analisis Kimia juga dimungkinkan mengelola dan atau berwirausaha di bidang Analisis Kimia.


SUBSTANSI PEMELAJARAN

Substansi pemelajaran terdiri dari 2 (dua) kelompok, yaitu substansi instruksional dan substansi noninstruksional.

1. Substansi Instruksional

Substansi instruksional adalah substansi pemelajaran yang dirancang secara terstruktur dalam kurikulum, dikemas dalam berbagai mata diklat yang dikelompokkan dalam program normatif, adaptif dan produktif. Pengorganisasian materi program normatif dan adaptif mengacu pada UU Sisdiknas no 20 th 2003 pasal 37, berupa nama mata diklat, sedangkan program produktif mengacu pada SKKNI, berupa nama kompetensi

Mata diklat pada SMK program keahlian Analisis Kimia adalah sebagai berikut.

a. Program normatif terdiri dari mata diklat:
1. Pendidikan Agama
2. Pendidikan Kewarganegaraan dan ‘Sejarah’
3. Bahasa Indonesia
4. Pendidikan Jasmani dan Olah Raga

b. Program Adaptif terdiri dari mata diklat:
1. Matematika
2. Bahasa Inggris
3. Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI)
4. Kewirausahaan
5. Biologi
6. Fisika

c. Program Produktif terdiri dari kompetensi:
1. Melaksanakan Komunikasi personal.
2. Melaksanakan kegiatan di Laboratorium dengan benar (GLP)
3. Membersihkan dan menyiapkan laboratorium untuk analisis rutin
4. Menyimpan pereaksi yang masih bisa digunakan dan membuang pereaksi yang kadaluarsa
5. Membersihkan dan merawat peralatan gelas, keramik dan alat penunjang kerja lainnya
6. Melaksanakan pengambilan dan penanganan sampel
7. Membuat dan menstandarisasi larutan/pereaksi
8. Bekerja berdasarkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
9. Melaksanakan analisis non instrumental
10. Melaksanakan analisis gravimetri
11. Melaksanakan analisis spektrofotometri UV/Visible
12. Melaksanakan analisis kolorimetri
13. Melaksanakan analisis volumetri
14. Melaksanakan analisis mikrobiologi
15. Melaksanakan analisis elektrokimia
16. Menyimpan bahan kimia dan membuang bahan kimia yang kadaluarsa
17. Melaksanakan analisis organoleptik
18. Melaksanakan analisis kromatografi kolom
19. Melaksanakan analisis kromatografi tipis dan kertas
20. Melaksanakan analisis jenis (klaisk)
21. Melaksanakan analisis proksimat
22. Melaksanakan analisis fotometri nyala dan emisi atomik
23. Menggunakan prosedur analisis
24. Membuat dan/atau menyiapkan peralatan gelas sederhana penunjang analisis kimia

2. Substansi Noninstruksional

Substansi noninstruksional berisi hal-hal penting dan perlu bagi peserta didik, tetapi dirancang secara tidak terstruktur dalam kurikulum. Penyajiannya terintegrasi dengan substansi instruksional, yang dituangkan pada saat merencanakan strategi pemelajaran dan penyusunan modul.

Substansi noninstruksional meliputi:
 pendidikan kecakapan hidup,
 kompetensi kunci,
 lingkungan hidup,
 Isu-isu lain seperti: muatan lokal, narkoba, pendidikan seks, dsb.



DIAGRAM PENCAPAIAN KOMPETENSI

Diagram ini menunjukan tahapan atau tata urutan kompetensi yang diajarkan dan dilatihkan kepada peserta didik dalam kurun waktu yang dibutuhkan serta kemungkinan multi exit-multi entry yang dapat diterapkan.


Keterangan

KA.KOM.D.001.A Melaksanakan Komunikasi personal
KA.KUA.D.002.A Melaksanakan kegiatan di Laboratorium dengan benar (GLP)
KA.LAB.D.003.A Membersihkan dan menyiapkan laboratorium untuk analisis rutin
KA.LAB.D.004.A Menyimpan pereaksi yang masih bisa digunakan dan membuang pereaksi yang kadaluarsa
KA.LAB.D.005.A Membersihkan dan merawat peralatan gelas, keramik dan alat penunjang kerja lainnya
KA.LAB.D.006.A Melaksanakan pengambilan dan penanganan sampel
KA.LAB.D.007.A Membuat dan menstandarisasi larutan/pereaksi
KA.LAB.D.008.A Bekerja berdasarkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
KA.ANA.P.009.A Melaksanakan analisis non instrumental
KA.ANA.U.010.A Melaksanakan analisis gravimetri
KA.ANA.U.011.A Melaksanakan analisis spektrofotometri UV/Visible
KA.ANA.U.012.A Melaksanakan analisis kolorimetri
KA.ANA.U.013.A Melaksanakan analisis volumetri
KA.ANA.P.014.A Melaksanakan analisis mikrobiologi
KA.ANA.U.015.A Melaksanakan analisis elektrokimia
KA.LAB.P.016.A Menyimpan bahan kimia dan membuang bahan kimia yang kadaluarsa
KA.ANA.P.017.A Melaksanakan analisis organoleptik
KA.ANA.U.018.A Melaksanakan analisis kromatografi kolom
KA.ANA.U.019.A Melaksanakan analisis kromatografi tipis dan kertas
KA.ANA.U.020.A Melaksanakan analisis jenis (klaisk)
KA.ANA.U.021.A Melaksanakan analisis proksimat
KA.ANA.U.022.A Melaksanakan analisis fotometri nyala dan emisi atomik
KA.KOM.D.023.A Menggunakan prosedur analisis
KA.TEK.P.024.A Membuat dan/atau menyiapkan peralatan gelas sederhana penunjang analisis kimia

STRUKTUR KURIKULUM
Bidang Keahlian : KIMIA
Program Keahlian : Analisis Kimia.


NO PROGRAM/MATA DIKLAT DURASI/
WAKTU (jam)
I PROGRAM NORMATIF:
1 Pendidikan Agama 192
2 Pendidikan Kewarganegaraan dan Sejarah 288
3 Bahasa Indonesia 192
4 Pendidikan Jasmani 288
II PROGRAM ADAPTIF:
1 Matematika 406
2 Bahasa Inggris 550
3 Keterampilan Komputerdan Pengelolaan Informasi 202
4 Kewirausahaan 192
5 Biologi 76
6 Fisika 276
III PROGRAM PRODUKTIF:
1 Melaksanakan komunikasi interpersonal 40
2 Melaksanakan kegiatan di laboratorium dengan benar (GLP) 80
3 Membersihkan dan menyiapkan laboratorium untuk analisis rutin 80
4 Menyimpan pereaksi yang masih bisa digunakan dan membuang pereaksi yang kadaluarsa 80
5 Membersihkan dan merawat peralatan gelas, keramik dan alat penunjang kerja lainnya 100
6 Melaksanakan pengambilan dan penanganan sampel 80
7 Membuat dan menstandarisasi larutan/pereaksi 180
8 Bekerja berdasarkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) 80
9 Melaksanakan analisis fisika non instrumental 120
10 Melaksanakan analisis Gravimetri 330
11 Melaksanakan analisis spektrofotometri UV/Visible 100
12 Melaksanakan analisis kolorimetri 80
13 Melaksanakan analisis volumetri 420
14 Melaksanakan analisis mikrobiologi 200
15 Melaksanakan analisis elektrokimia 120
16 Menyimpan bahan kimia dan membuang bahan kimia yang kadaluarsa 80
17 Melaksanakan analisis organoleptik 80
18 Melaksanakan analisis kromatografi kolom 80
19 Melaksanakan analisis kromatografi lapisan tipis dan kromatografi kertas 80
20 Melaksanakan analisis jenis (Klasik) 80
21 Melaksanakan analisis proksimat 80
22 Melaksanakan analisis fotometri nyala dan emisi atomik 80
23 Menggunakan prosedur analisis 60
24 Membuat dan/atau menyiapkan peralatan gelas sederhana penunjang analisis kimia 80
JUMLAH 5452

Keterangan:
1. Durasi pemelajaran per jam @ 45 menit.
2. Praktek kerja di Industri dilaksanakan selama 4 sampai dengan 12 bulan, menggunakan alokasi waktu pemelajaran produktif.