DAFTAR ISI
DAFTAR ISI i
TUJUAN PROGRAM KEAHLIAN 1
STANDAR KOMPETENSI KEAHLIAN 2
PROFIL KOMPETENSI LULUSAN 5
1. Kompetensi Umum 5
2. Kompetensi Kejuruan 6
RUANG LINGKUP PEKERJAAN 8
SUBSTANSI PEMELAJARAN 9
1. Substansi Instruksional 9
2. Substansi Noninstruksional 10
DIAGRAM PENCAPAIAN KOMPETENSI 11
STRUKTUR KURIKULUM 13
DESKRIPSI PEMBELAJARAN
TUJUAN PROGRAM KEAHLIAN
Tujuan Program Keahlian Analisis Kimia secara umum mengacu pada isi Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Secara khusus tujuan Program Keahlian Analisis Kimia adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:
a. Mengelola laboratorium;
b. Membuat larutan;
c. Melakukan sampling laboratorium;
d. Melakukan analisis bahan ;
e. Melakukan verifikasi dan validasi;
f. Mengelola usaha di bidang analisis kimia.
STANDAR KOMPETENSI KEAHLIAN
Standar kompetensi yang digunakan sebagai acuan pengembangan kurikulum ini adalah Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) pada Bidang Kimia Analisisa.
Standar kompetensi dan level kualifikasi keahlian Analisis Kimia dapat digambarkan pada Tabel 1.
Tabel 1. Standar Kompetensi dan Level Kualifikasi Keahlian Analisis Kimia.
Kode Kompetensi Sertifikat Kompetensi Level Kualifikasi Jenjang Pendidikan
KA.KOM.D.001.A Melaksanakan Komunikasi personal C3
Pelaksana Muda SMK
KA.KUA.D.002.A Melaksanakan kegiatan di Laboratorium dengan benar (GLP)
KA.LAB.D.003.A Membersihkan dan menyiapkan laboratorium untuk analisis rutin
KA.LAB.D.004.A Menyimpan pereaksi yang masih bisa digunakan dan membuang pereaksi yang kadaluarsa
KA.LAB.D.005.A Membersihkan dan merawat peralatan gelas, keramik dan alat penunjang kerja lainnya
KA.LAB.D.006.A Melaksanakan pengambilan dan penanganan sampel
KA.LAB.D.007.A Membuat dan menstandarisasi larutan/pereaksi
KA.LAB.D.008.A Bekerja berdasarkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
KA.ANA.P.009.A Melaksanakan analisis non instrumental C2 Pelaksana Madya SMK
KA.ANA.U.010.A Melaksanakan analisis gravimetri
KA.ANA.U.011.A Melaksanakan analisis spektrofotometri UV/Visible
KA.ANA.U.012.A Melaksanakan analisis kolorimetri
KA.ANA.U.013.A Melaksanakan analisis volumetri
KA.ANA.P.014.A Melaksanakan analisis mikrobiologi
KA.ANA.U.015.A Melaksanakan analisis elektrokimia
KA.LAB.P.016.A Menyimpan bahan kimia dan membuang bahan kimia yang kadaluarsa
KA.ANA.P.017.A Melaksanakan analisis organoleptik C1 Pelaksana Utama SMK
KA.ANA.U.018.A Melaksanakan analisis kromatografi kolom
KA.ANA.U.019.A Melaksanakan analisis kromatografi tipis dan kertas
KA.ANA.U.020.A Melaksanakan analisis jenis (klaisk)
KA.ANA.U.021.A Melaksanakan analisis proksimat
KA.ANA.U.022.A Melaksanakan analisis fotometri nyala dan emisi atomik
KA.KOM.D.023.A Menggunakan prosedur analisis
KA.TEK.P.024.A Membuat dan/atau menyiapkan peralatan gelas sederhana penunjang analisis kimia
Setiap kompetensi didukung oleh kompetensi kunci yang terdiri dari 3 level seperti tertera pada Tabel 2.
Tabel 2. Level Kompetensi Kunci
No KOMPETENSI KUNCI LEVEL 1 LEVEL 2 LEVEL 3
A MENGUMPULKAN, MENGANALISA DAN MENGELOLA INFORMASI:
Kapasitas untuk mengumpulkan informasi, memindahkan dan menyeleksi informasi dalam rangka memilih informasi yang diperlukan untuk dipresentasikan, mengevaluasi sumber dan cara memperoleh informasi tersebut Mengakses dan menyimpan dari satu sumber Mengakses, memilih dan menyimpan dari beberapa sumber Mengakses, mengevaluasi dan mengatur dari berbagai macam sumber
B MENGKOMUNIKASIKAN IDE-IDE DAN INFORMASI:
Kapasitas untuk berkomunikasi dengan orang lain secara efektif menggunakan beragam bahasa, tulisan, grafik dan expresi non verbal lainnya Sederhana dengan aturan yang telah dikenal Komplek dengan isi tertentu Komplek dengan isi beragam
C MERENCANAKAN DAN MENGORGANISIR KEGIATAN:
Kapasitas untuk merencanakan dan mengatur kegiatan kerja individu termasuk penggunaan waktu dan sumber yang baik, pemilihan prioritas dan pengawasan prestasi individu Di bawah pengawasan Dengan bimbingan Inisiatif sendiri dan mengevaluasi kegiatan yang komplek
D BEKERJA DENGAN ORANG LAIN SERTA KELOMPOK DALAM SATU TIM:
Kapasitas untuk berhubungan secara efektif dengan orang lain baik antar pribadi ataupun kelompok termasuk mengerti dan memberikan respon akan keinginan klien dan bekerja secara efektif sebagai anggota kelompok untuk mencapai tujuan bersama Aktifitas yang telah diketahui Membantu merancang dan mencapai tujuan Kolaborasi dalam kegiatan komplek
E MENGGUNAKAN IDE-IDE SERTA TEKNIK MATEMATIKA:
Kapasitas untuk menggunakan konsep bilangan, spasi dan ukuran dan teknik seperti perkiraan untuk praktek Tugas yang sederhana Memilih tugas yang komplek dan sesuai Evaluasi dan mengadaptasi sebagai tugas yang sesuai
F MENYELESAIKAN MASALAH:
Kapasitas untuk menjalankan strategi penyelesaian masalah baik untuk situasi dimana masalah dan solusi yang diinginkan memiliki bukti dan dalam situasi yang memerlukan pemikiran kritis dan pendekatan kreatif untuk mencapai hasil Rutin, sedikit pengawasan
Eksplorasi – pengawasan melekat Rutin, mandiri
Eksplorasi – dengan bimbingan Masalah yang komplek, pelaksanaan pendekatan sistematis, menjelaskan proses
G MENGGUNAKAN TEKNOLOGI:
Kapasitas untuk menerapkan teknologi, mengkombinasikan keahlian fisik and sensor yang diperlukan untuk menjalankan peralatan dengan pengertian ilmiah dan prinsip teknologi yang diperlukan untuk mengadaptasi sistem Produksi ulang atau melaksanakan produk dasar atau jasa Menyusun, mengatur atau meng-operasikan produk atau jasa Mendesain atau merangkai produk atau jasa
PROFIL KOMPETENSI LULUSAN
Profil kompetensi lulusan SMK terdiri dari kompetensi umum dan kompetensi kejuruan, yang masing-masing telah memuat kompetensi kunci. Kompetensi umum mengacu pada tujuan pendidikan nasional dan kecakapan hidup generik, sedangkan kompetensi kejuruan mengacu pada SKKNI.
1. Kompetensi Umum
a. Tuntutan UUSPN Ps 3
1 Beriman dan bertaqwa
2 Berakhlak mulia
3 Sehat
4 Cakap
5 Kreatif
6 Mandiri
7 Demokratis
8. tanggung jawab
b. Tuntutan dunia kerja
1 Disiplin
2 Jujur
2. Kompetensi Kejuruan
Level Kualifikasi Kompetensi Sub Kompetensi
Pelaksana Muda Melaksanakan komu-nikasi interpersonal Menerima dan melanjutkan informasi
Menyediakan informasi untuk orang lain
Membuat laporan hasil kerja
Melaksanakan kegiatan di laboratorium dengan benar (GLP) Melaksanakan pemantauan kondisi lingkungan laboratorium
Melaksanakan pengecekan sampel uji, alat yang akan dikalibrasi dan bahan pendukung
Melaksanakan pengecekan peralatan
Melaksanakan pekerjaan di laboratorium
Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sesuai persyaratan kerja
Melaporkan ketidaksesuaian kepada atasan
Membersihkan dan me-nyiapkan laboratorium untuk analisis rutin Membersihkan wilayah kerja
Membersihkan laboratorium dari tumpahan pereaksi
Membersihkan ruang timbang dan lingkungan instrumen analitik
Mengkondisikan lingkungan tempat kerja
Menyimpan pereaksi yang masih bisa digu-nakan dan membuang pereaksi yang kadaluarsa Mengidentifikasi pereaksi
Mengelompokkan pereaksi berdasarkan jenis dan sifatnya
Menyimpan pereaksi
Membuang pereaksi yang kadaluarsa
Membersihkan dan merawat peralatan gelas, keramik dan alat penunjang kerja lainnya Menyiapkan peralatan dan bahan pemebrsih
Membersihkan peralatan
Merawat peralatan
Melaksanakan pengambilan dan penanganan sampel Menyiapkan pengambilan sampel
Menangani sampel di laboratorium
Mengenal dan memilih metode analisis
Melaksanakan kuartering
Menyiapkan sampel untuk analisis
Membuat dan menstandarisasi larutan/pereaksi Memilih dan mengidentifikasi pereaksi
Menyiapkan larutan
Menstandarisasi larutan
Menghitung dan melaporkan hasil standarisasi
Bekerja berdasarkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Membersihkan area kerja
Mengikuti prosedur keselamatan kerja
Melaksanakan penangannan limbah sesuai prosedur
Pelaksana Madya Melaksanakan analisis Fisika Non Instrumental Menyiapkan peralatan
Menyiapkan sampel
Melakukan pengujian
Menghitung dan melaporkan hasil uji
Melaksanakan analisis Gravimetri Mempersiapkan analisis
Melaksanakan analisis gravimetri
Mencatat dan melaporkan hasil analisis
Melaksana-kan analisis spektrofotometri UV/Visible Persiapan sampel dan standar
Melakukan prosedur analitik
Melaporkan hasil pengujian
Melaksanakan analisis kolorimetri Mempersiapkan sampel dan standar
Melakukan prosedur analitik
Melaporkan hasil pengujian
Melaksanakan analisis volumetri Mempersiapkan larutan analisis
Melakukan prosedur analisis
Melaporkan hasil pengujian
Melaksanakan analisis mikrobiologi Melakukan sterilisasi ruangan laboratorium uji mikrobiologi
Membuat media
Menyiapkan kultur murni
Monitoring kesterilan ruangan dan peralatan
Melaksanakan analisis elektrokimia Persiapan sampel dan standar
Melakukan prosedur analitik
Melaporkan hasil pengujian
Menyimpan bahan kimia dan membuang bahan kimia yang kadaluarsa Memeriksa persediaan bahan kimia
Menyimpan bahan kimia yang belum kadaluarsa
Mengolah bahan kimia yang masih bisa digunakan
Membuang bahan kimia yang kadaluarsa
Pelaksana Utama Melaksanakan analisis organoleptik Menyiapkan panelis untuk analisis sensori
Menyiapkan ruang, peralatan dan sampel untuk analisis sensori
Mengumpulkan dan melaporkan hasil
Melaksanakan analisis kromatografi kolom Menyiapkan sample dan standar
Menyiapkan peralatan
Melaksanakan pemisahan kromatografik
Melaksanakan pengukuran analitik
Melaksanakan perhitungan dan pelaporan hasil analisis
Melaksanakan analisis kromatografi lapisan tipis dan kromatografi kertas Menyiapkan sampel
Melakukan prosedur analitik
Melaporkan hasil pengujian
Melaksanakan analisis jenis (Klasik) Mempersiapkan analisis
Melaksanakan uji pipa tiup
Melaksanakan analisis mutiara
Uji lempeng tetes
Uji nyala atau fotometrik
Menyimpulkan hasil pengamatan
Melaksanakan analisis proksimat Mempersiapkan analisis
Melakukan analisis gravimetri
Melaporkan hasil analisis
Melaksanakan analisis fotometri nyala dan emisi atomik Mempersiapkan sampel dan standar
Melakukan prosedur analitik
Melaporkan hasil pengujian
Menggunakan prosedur analisis Memilih prosedur analisis
Menyiapkan analisis
Menjalankan prosedur kerja
Melaksanakan perhitungan hasil pengukuran
Membuat dan/atau menyiapkan peralatan gelas sederhana pe-nunjang analisis kimia Menyiapkan peralatan dan bahan
Membuat dan/atau memperbaiki peralatan
Melaporkan hasil
RUANG LINGKUP PEKERJAAN
Ruang lingkup pekerjaan bagi lulusan Program Keahlian Analisis Kimia adalah jenis pekerjaan dan atau profesi yang relevan dengan kompetensi yang tertuang di dalam tabel SKKNI keahlian Analisis Kimia pada jenjang SMK antara lain adalah:
No Dunia Usaha / Industri Lingkup Pekerjaan
1 Laboratorium pendidikan sekolah Membuat larutan
Mengelola laboratorium
2 Laboratorium pendidikan tinggi Membuat larutan
Mengelola laboratorium
Melakukan analisis bahan
Melakukan sampling laboratorium
3 Lembaga/instansi penelitian Membuat larutan
Mengelola laboratorium
Melakukan analisis bahan
Melakukan sampling laboratorium
Melakukan verifikasi
4 Industri yang relevan antara lain:
Farmasi, petrokimia, semen, tekstil, pertambangan, makanan dan minuman, kertas, logam, polimer, pupuk Membuat larutan
Mengelola laboratorium
Melakukan analisis bahan
Melakukan sampling laboratorium
Melakukan verifikasi dan validasi
5 Usaha mandiri Membuat larutan
Mengelola laboratorium
Melakukan analisis bahan
Melakukan sampling laboratorium
Melakukan verifikasi dan validasi
Mengelola usaha di bidang analisisi kimia
Dengan memanfaatkan kemampuan, pengalaman dan berbagai peluang yang ada, lulusan program keahlian Analisis Kimia juga dimungkinkan mengelola dan atau berwirausaha di bidang Analisis Kimia.
SUBSTANSI PEMELAJARAN
Substansi pemelajaran terdiri dari 2 (dua) kelompok, yaitu substansi instruksional dan substansi noninstruksional.
1. Substansi Instruksional
Substansi instruksional adalah substansi pemelajaran yang dirancang secara terstruktur dalam kurikulum, dikemas dalam berbagai mata diklat yang dikelompokkan dalam program normatif, adaptif dan produktif. Pengorganisasian materi program normatif dan adaptif mengacu pada UU Sisdiknas no 20 th 2003 pasal 37, berupa nama mata diklat, sedangkan program produktif mengacu pada SKKNI, berupa nama kompetensi
Mata diklat pada SMK program keahlian Analisis Kimia adalah sebagai berikut.
a. Program normatif terdiri dari mata diklat:
1. Pendidikan Agama
2. Pendidikan Kewarganegaraan dan ‘Sejarah’
3. Bahasa Indonesia
4. Pendidikan Jasmani dan Olah Raga
b. Program Adaptif terdiri dari mata diklat:
1. Matematika
2. Bahasa Inggris
3. Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI)
4. Kewirausahaan
5. Biologi
6. Fisika
c. Program Produktif terdiri dari kompetensi:
1. Melaksanakan Komunikasi personal.
2. Melaksanakan kegiatan di Laboratorium dengan benar (GLP)
3. Membersihkan dan menyiapkan laboratorium untuk analisis rutin
4. Menyimpan pereaksi yang masih bisa digunakan dan membuang pereaksi yang kadaluarsa
5. Membersihkan dan merawat peralatan gelas, keramik dan alat penunjang kerja lainnya
6. Melaksanakan pengambilan dan penanganan sampel
7. Membuat dan menstandarisasi larutan/pereaksi
8. Bekerja berdasarkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
9. Melaksanakan analisis non instrumental
10. Melaksanakan analisis gravimetri
11. Melaksanakan analisis spektrofotometri UV/Visible
12. Melaksanakan analisis kolorimetri
13. Melaksanakan analisis volumetri
14. Melaksanakan analisis mikrobiologi
15. Melaksanakan analisis elektrokimia
16. Menyimpan bahan kimia dan membuang bahan kimia yang kadaluarsa
17. Melaksanakan analisis organoleptik
18. Melaksanakan analisis kromatografi kolom
19. Melaksanakan analisis kromatografi tipis dan kertas
20. Melaksanakan analisis jenis (klaisk)
21. Melaksanakan analisis proksimat
22. Melaksanakan analisis fotometri nyala dan emisi atomik
23. Menggunakan prosedur analisis
24. Membuat dan/atau menyiapkan peralatan gelas sederhana penunjang analisis kimia
2. Substansi Noninstruksional
Substansi noninstruksional berisi hal-hal penting dan perlu bagi peserta didik, tetapi dirancang secara tidak terstruktur dalam kurikulum. Penyajiannya terintegrasi dengan substansi instruksional, yang dituangkan pada saat merencanakan strategi pemelajaran dan penyusunan modul.
Substansi noninstruksional meliputi:
pendidikan kecakapan hidup,
kompetensi kunci,
lingkungan hidup,
Isu-isu lain seperti: muatan lokal, narkoba, pendidikan seks, dsb.
DIAGRAM PENCAPAIAN KOMPETENSI
Diagram ini menunjukan tahapan atau tata urutan kompetensi yang diajarkan dan dilatihkan kepada peserta didik dalam kurun waktu yang dibutuhkan serta kemungkinan multi exit-multi entry yang dapat diterapkan.
Keterangan
KA.KOM.D.001.A Melaksanakan Komunikasi personal
KA.KUA.D.002.A Melaksanakan kegiatan di Laboratorium dengan benar (GLP)
KA.LAB.D.003.A Membersihkan dan menyiapkan laboratorium untuk analisis rutin
KA.LAB.D.004.A Menyimpan pereaksi yang masih bisa digunakan dan membuang pereaksi yang kadaluarsa
KA.LAB.D.005.A Membersihkan dan merawat peralatan gelas, keramik dan alat penunjang kerja lainnya
KA.LAB.D.006.A Melaksanakan pengambilan dan penanganan sampel
KA.LAB.D.007.A Membuat dan menstandarisasi larutan/pereaksi
KA.LAB.D.008.A Bekerja berdasarkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
KA.ANA.P.009.A Melaksanakan analisis non instrumental
KA.ANA.U.010.A Melaksanakan analisis gravimetri
KA.ANA.U.011.A Melaksanakan analisis spektrofotometri UV/Visible
KA.ANA.U.012.A Melaksanakan analisis kolorimetri
KA.ANA.U.013.A Melaksanakan analisis volumetri
KA.ANA.P.014.A Melaksanakan analisis mikrobiologi
KA.ANA.U.015.A Melaksanakan analisis elektrokimia
KA.LAB.P.016.A Menyimpan bahan kimia dan membuang bahan kimia yang kadaluarsa
KA.ANA.P.017.A Melaksanakan analisis organoleptik
KA.ANA.U.018.A Melaksanakan analisis kromatografi kolom
KA.ANA.U.019.A Melaksanakan analisis kromatografi tipis dan kertas
KA.ANA.U.020.A Melaksanakan analisis jenis (klaisk)
KA.ANA.U.021.A Melaksanakan analisis proksimat
KA.ANA.U.022.A Melaksanakan analisis fotometri nyala dan emisi atomik
KA.KOM.D.023.A Menggunakan prosedur analisis
KA.TEK.P.024.A Membuat dan/atau menyiapkan peralatan gelas sederhana penunjang analisis kimia
STRUKTUR KURIKULUM
Bidang Keahlian : KIMIA
Program Keahlian : Analisis Kimia.
NO PROGRAM/MATA DIKLAT DURASI/
WAKTU (jam)
I PROGRAM NORMATIF:
1 Pendidikan Agama 192
2 Pendidikan Kewarganegaraan dan Sejarah 288
3 Bahasa Indonesia 192
4 Pendidikan Jasmani 288
II PROGRAM ADAPTIF:
1 Matematika 406
2 Bahasa Inggris 550
3 Keterampilan Komputerdan Pengelolaan Informasi 202
4 Kewirausahaan 192
5 Biologi 76
6 Fisika 276
III PROGRAM PRODUKTIF:
1 Melaksanakan komunikasi interpersonal 40
2 Melaksanakan kegiatan di laboratorium dengan benar (GLP) 80
3 Membersihkan dan menyiapkan laboratorium untuk analisis rutin 80
4 Menyimpan pereaksi yang masih bisa digunakan dan membuang pereaksi yang kadaluarsa 80
5 Membersihkan dan merawat peralatan gelas, keramik dan alat penunjang kerja lainnya 100
6 Melaksanakan pengambilan dan penanganan sampel 80
7 Membuat dan menstandarisasi larutan/pereaksi 180
8 Bekerja berdasarkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) 80
9 Melaksanakan analisis fisika non instrumental 120
10 Melaksanakan analisis Gravimetri 330
11 Melaksanakan analisis spektrofotometri UV/Visible 100
12 Melaksanakan analisis kolorimetri 80
13 Melaksanakan analisis volumetri 420
14 Melaksanakan analisis mikrobiologi 200
15 Melaksanakan analisis elektrokimia 120
16 Menyimpan bahan kimia dan membuang bahan kimia yang kadaluarsa 80
17 Melaksanakan analisis organoleptik 80
18 Melaksanakan analisis kromatografi kolom 80
19 Melaksanakan analisis kromatografi lapisan tipis dan kromatografi kertas 80
20 Melaksanakan analisis jenis (Klasik) 80
21 Melaksanakan analisis proksimat 80
22 Melaksanakan analisis fotometri nyala dan emisi atomik 80
23 Menggunakan prosedur analisis 60
24 Membuat dan/atau menyiapkan peralatan gelas sederhana penunjang analisis kimia 80
JUMLAH 5452
Keterangan:
1. Durasi pemelajaran per jam @ 45 menit.
2. Praktek kerja di Industri dilaksanakan selama 4 sampai dengan 12 bulan, menggunakan alokasi waktu pemelajaran produktif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar